PELATIHAN/PENYULUHAN SADAR WISATA DAN SAPTA PESONA
PENGERTIAN
• WISATA : Kegiatan sukarela, sementara
• WISATAWAN : orang yang melakukan perjalanan
• PARIWISATA : usaha obyek wisata dan usaha terkait lainnya
• KEPARIWISATAAN : yang berhubungan dengan pariwisata.
• USAHA PARIWISATA : usaha jasa dan sarana pariwisata
• OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA : Sasaran wisata
KARAKTER KETERKAITAN LINTAS SEKTOR KEPARIWISATAAN YANG MEMBANGKITKAN DAMPAK MULTI GANDA SANGAT BERARTI
Menggerakkan ekonomi rakyat (dampak multi ganda,
Produk tersebar di seluruh pelosok nusantara, termasuk daerah miskin dan terpencil)
Mampu menggerakkan kekuatan antar sektor
SPEKTRUM DAMPAK PENGGANDA PARIWISATA (MULTIPLIER EFFECT)
DAMPAK TAK LANGSUNG
Karyawan hotel, restoran, BPW, ODTW, dsb.
Supir angkt. Umum
Pemerintah (pajak)
Pengrajin cinderamata
Pompa bensin
Penjual sayuran, buah & bahan makanan
Seniman iklan
Percetakan
DAMPAK LANGSUNG
Hotel
Guide
Restoran
ODTW
Perush Airline
Perush Angkt
Galleri/art shop
BPW
Jasa keuangan DAMPAK IKUTAN
Petani sayuran, bunga dan buah
Peternak ayam, ikan dan sapi
Penghasil bahan baku kerajinan
Sektor industri & perdagangan
Sektor agribisnis
DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA
Meningkatnya PAD
Terstimulasinya perekonomian lokal
Terjadinya keseimbangan perdagangan
Terciptanya lapangan kerja
Terpromosinya produk lokal
Membantu berkembangnya produk unggulan daerah
Meningkatnya arus transportasi
Meningkatnya hunian akomodasi
Meningkatnya kebutuhan pokok (konsumsi makanan)
Meningkatnya kunjungan ke ODTW
Meningkatkan rasa toleransi antar daerah/negara
Terciptanya kelestarian budaya dan alam
Meningkatnya kesejahtraan masyarakat
DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA
Kebocoran PAD
Perubahan kebiasaan masyarakat lokal
Perubahan sikap benci,rakus,cemburu
Timbulnya ancaman kriminal
Timbulnya ancaman prostitusi
Beredarnya obat terlarang
Berkurangnya sumberdaya alam
Meningkatnya produksi limbah
Rusaknya lingkungan
Terjadinya distorsi budaya
USAHA PARIWISATA MENCAKUP
• Biro /Agen Perjalanan Wisata
• Akomodasi (Hotel, resort, desa wisata dll)
• Transportasi (Laut,darat, udara)
• Restoran (Makanan Tradisional,Eropa, dll)
• Hiburan (Pagelaran seni, musik, dll)
• Pengusahaan Obyek daya tarik wisata
• Wisata tirta
• Penyediaan pemandu wisata
• Informasi wisata
APA POTENSI PARIWISATA KOTA MAKASSAR?
• 12 Pulau yang indah – Wisata Bahari
• 27 Bentuk Bungker Jepang, Museum, Makam, Monumen – Sejarah
• 2 Benteng utama Pesisir Pantai – Wisata Sejarah
• Keaneka ragaman ritual dan pesta adat festival, sanggar seni dari 4 etnis SulSel- SelBar dan dari daerah lainnya di Indonesia ditambah Tionghoa, India dan Arab – Wisata Budaya
• 8 hotel bintang dengan kapasitas kurang lebih 2000 kamar,12 ribu kursi restoran,10 ribu kursi (meeting,convention)+ Triple C dan 3 tempat pameran – Wisata MICE
• 6 Mall besar + Somba opu sebagai pusat perbelanjaan cendramata – Wisata Belanja
• 7 Universitas terkemuka dikawasan timur Indonesia – Wisata Pendidikan
• 5 Rumah sakit utama untuk wisata kesehatan lainnya – Medical Tourism
• Sungai yang melintas dan membelah kota Makassar
3 KATA YANG HARUS DI HINDARI :
Tidak Ada
Tidak Tau
Habis 3 KATA YANG HARUS DIINGAT :
Senyum
Salam
Sapa
APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN DALAM MELAYANI WISATAWAN ?
7 DAYA TARIK – 7 K (SAPTA PESONA)
AMAN
TERTIB
BERSIH
SEJUK
INDAH
RAMAH TAMAH
KENANGAN
PEMAHAMAN SAPTA PESONA
• AMAN
Aparat keamanan dan masyarakat mampu membina dan menjaga.Terciptanya suasana aman dan tentram baik terhadap jiwa maupun harta benda Wisatawan
• TERTIB
Aparat keamanan dan masyarakat mampu membina masyarakat lainnya. Dan wisatawan untuk memelihara ketertiban umum, seperti tertib dijalan,Terib Parkir disiplin melaksanakan pelayanan.
• BERSIH
Aparat dan masyarakat mampu menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri,dirumah dan di tempat kerja. Kebersihan ditempat wisata dan penyediaan tempat sampah.
• SEJUK
Semua unsur pejabat dan masyarakat menciptakan suasana segar dan nyaman dengan upaya menata lingkungan penghijauan demi kepentingan Bersama
• INDAH
Semua unsur pejabat pemerintah dan masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan tidak membiarkan sampah berserakan namun sebaliknya dapat ditata dan dimanfaatkan menjadi produk rumah tangga.
• RAMAH
Semua unsur termasuk masyarakat harus mampu memberikan pelayanan yang ramah tamah dengan senyum dapat menjadi kesan yang tak terlupakan.
• KENANGAN
Semua unsur pariwisata harus mampu memberikan kenangan yang baik kepada wisatawan dengan memproduksi kerajianan rumah tangga sebagai cendramata bagi wisatawan untuk menjadi kenangan pulang kerumah
PENINGKATAN PAD (PARIWISATA) KOTA MAKASSAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar